Pages

Jumat, 14 Oktober 2011

Konflik Dalam Organisasi (Resume)

Di dalam sebuah organisasi ,sebuah konflik tidak dapat terelakan dan pasti terjadi dengan suatu sebab tertentu .

Definisi Konflik
Konflik berasal dari kata kerjaconfigere yang berartisalingmemukul. Secarasosiologis, konflikdiartikansebagaisuatu proses sosialantaradua orang ataulebih (bisajugakelompok) dimanasalahsatupihak berusaha menyingkirkan pihak lain.


Faktor-faktor penyebab terjadinya suatu konflik

a. Perbedaan pendapat
b. Sikap egois
c. Pihak ketiga (mengadu domba)
d. Perbedaan nilai budaya dan tujuan

Konflik yang terjadi dalam suatu organisasi :
1. Konflik individu dengan individu:Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan individu pimpinan dari berbagai tingkatan. Individu pimpinan dengan individu karyawan maupun antara individu karyawan dengan individu karyawan lainnya.
 
2. Konflik individu dengan kelompok:Konflik semacam ini dapat terjadi antara individu pimpinan dengan kelompok ataupun antara individu karyawan dengan kempok pimpinan. 
 
3. Konflik kelompok dengan kelompok:Ini bisa terjadi antara kelompok pimpinan dengan kelompok karyawan, kelompok pimpinan dengan kelompok pimpinan yang lain dalam berbagai tingkatan maupun antara kelompok karyawan dengan kelompok karyawan yang lain.
cara untuk menyelesaikan konflik di suatu organisas:penyelesaian sebuah konflik bisa ditempuh dalam beberapa cara salah satunya adalah mediasi,dengan mempertemukan kedua belah pihak yang berkonfrontasi dalam satu meja.





0 comments: