Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Masalah Pokok Ekonomi

terdapat 3 masalah-masalah pokok ekonomi,yaitu:
What
 Terkait  kebutuhan apa yang paling mendesak bagi masyarakat saat ini . Jika masyarakat menginginkan suatu barang tertentu, maka diproduksilah barang tersebut, sehingga hasil produksi bisa terserap oleh masyarakat.dan jumlah barang yg diproduksi sesuai dengan target .sebagai contoh sekarang dengan munculnya popularitas ponsel berbasis android
How
How berkaitan dengan teknik bagaimana menghemat sumber daya untuk menghasilkan produksi yang maksimal. Misalnya dengan menggantikan produksi manual dengan produksi secara mesin. Cara ini bisa mempercepat produksi, menghemat bahan mentah dan sebagainya, sehingga bisa menghemat biaya produksi dan bisa memenuhi kebutuhan lebih banyak.Dengan keterbatasan sumber daya ekonomi yang tersedia para produsen harus mampu menciptakan tenik produksi yang efisien.Untuk itu,kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi produksi perlu ditingkatkan.
For whom
For whom menyangkut siapa yang akan memakai barang hasil produksi, misalnya ada barang yang khusus untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, kemudian barang khusus untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah dan seterusnya.
Apakah barang atau jasa hanya untuk orangb kaya saja?Apakah pendapatan nasional telah didistribusikan secara adil? Haruskah gaji para manajer sepuluh kali lipat dari pada buruh? Apakah proyek mobil murah perlu dilaksanakan agar penduduk berpendatan rendah dapat mengonsumsinya? Semua pertanyaan tersebut menyangkut untuk siapa barang dan jasa diproduksi.

Referensi:
jangan-takutmiskin.blogspot.com
wikipedia 

0 comments: