Pages

Selasa, 10 Januari 2012

Beberapa Penyanyi Playback Film Bollywood

Saat kita menonton sebuah film Bollywood ,kerap kali kita akan menyaksikan sebuah adegan  dimana tokoh dalam film tersebut  bernyanyi ,tapi tahukah kalau sebenarnya mereka tidak benar2 bernyanyi . ada penyanyi yang bertindak sebagai  playback di belakang mereka .penyanyi ini kerap kali mengisi suara artis ketika sedang bernyanyi .

1.Lata Mangeshkar

Pernahkah kalian mendengar lagu "Humko Humise Churallo " ,untuk pengisi suara wanita beliau lah orangnya .Begitu lembut dan  merdu bukan ,tapi jangan sangka bahwa umur beliau kini sudah menginjak 82 tahun ,hmm .....kira kira beliau menyanyikan lagu itu dikala umur 70 an tahun .hahahahah sungguh mencengangkan ,di umur yang sudah tua vokal beliau tidak banyak berubah dan tetap merdu .

Dari data yang saya dapat dari wikipedia beliau telah  bernyanyi untuk lebih dari 980 judul film Bollywood,beliau juga pernah menerima Penghargaan Bharat Ratna yang merupakan penghargaan tertinggi bagi warga sipil India.bahkan nama beliau juga tercatat di guinness book record sebagai penyanyi dengan jumlah rekaman terbanyak yaitu lebih dari 25.000 lagu .tapi sayang beliau sudah tidak begitu eksis lagi .

2.Udit Narayan
 
Beliau juga bisa disebut spesialis nya pengisi suara Shahrukh khan ,Amir khan dan tentu Salman khan .beliau menyanyikan lagu "bole Chudiyan","koi mil gaya ","Dil To Pagal Hai","kuch kuch hota hai ",dan masih banyak lagi .

Beliau mulai bernyanyi sejak awal tahun 1970-an  membawakan lagu-lagu rakyat . Pada tahun 1978, ia pindah ke Mumbai atas biaya bea siswa musik. Di Mumbai,beliau  belajar musik tradisional India selama enam tahun.Beliau menikah dengan salah satu penyanyi dari nepal  Deepa Narayan ,dan mempunyai seorang putra yaitu aditya narayan yang merupakan penyanyi pula.

 3.Alka Yagnik

Namanya mencuat ketika menyanyikan lagu dalam Film Qayamat Se Qayamat Tak ,ia juga bernyanyi untuk lagu "kuch kuch hota hai ""Kuch To Hua Hai", "Kal Ho Naa Ho-Sad""Ladki Badi Anjani Hai", "Koi Mil Gaya", "Kuch Kuch Hota Hai" (sad version), "Yeh Ladki Hai Diwani", "Saajan Ji Ghar Aaye", "Tujhe Yaad Na Mere Aaye" dan berbagai lagu top lainnya .Beberapa penghargaan sebagai penyanyi playback wanita terbaik pernah di raihnya .

4.Kumar Sanu

Beliau pernah menerima penghargaan Padma Shri, salah satu penghargaan tertinggi bagi warga sipil India pada tahun 2009 ,"Saajanji Ghar Aaye", "Ladki Badi Anjaani Hai" "Aankhon Ki Gustakhiyan","Tujhe Dekha To",merupakan beberapa lagu yang pernah beliau bawakan .tidak banyak yang saya tau tentang beliau ,yang jelas suara begitu apik dan merdu .

 CMIIW
Eko Alfiantoro 

0 comments: